Ramadhan tahun ini pasti terasa berbeda di tengah pandemic corona. Ada banyak sekali kebiasaan ramadhan yang hilang akibat pemberlakuan kebijakan PSBB di berbagai daerah. Meski begitu, tak sedikit pula dari Anda yang bekerja masih diharuskan keluar rumah demi memenuhi kewajiban di kantor.

Jam usai kantor di sore hari yang mendekati waktu berbuka puasa pun membuat Anda mau tak mau mengalami momen berbuka puasa di kantor atau bahkan di jalan. Sebagai menu berbuka puasa di kantor atau di jalan, Anda tak hanya dapat memilih kurma sebagai menu berbuka lho.
Berikut ini kami berikan beberapa alternatif pilihan menu berbuka puasa yang praktis namun tetap sehat dikonsumsi.

1. Roti
Anda yang sudah menahan lapar karena berpuasa seharian bisa menjadikan roti sebagai menu berbuka puasa. Selain praktis, roti juga bisa membuat Anda merasa kenyang hingga nantinya tiba di rumah.
2. Brownies
Ingin berbuka puasa dengan makanan manis? Brownies bisa dijadikan pilihan. Anda bisa menyimpan sekotak brownies di meja kerja atau beberapa potong brownies di dalam tas sebagai menu berbuka puasa.
3. Biskuit dan Susu
Tak sempat menyiapkan menu berbuka puasa sejak dari kantor atau rumah? Tak perlu khawatir, Anda bisa membeli biskuit dan susu. Kedua menu berbuka ini mudah ditemukan, praktis, dan pastinya dapat mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.
4. Sereal
Sebagian dari Anda mungkin lebih memilih untuk berbuka di kantor sebelum kembali ke rumah. Jika begitu, sekotak sereal bisa menjadi makanan yang perlu Anda sediakan di meja kerja. Berbuka puasa dengan sereal bisa mengembalikan energi Anda dan memberikan rasa kenyang lebih lama.
5. Oat Bar
Selain susu dan biskuit, snack semacam oat bar juga bisa mudah Anda temukan. Ada berbagai macam varian rasa oat bar yang bisa Anda pilih. Sebisa mungkin pilihlah oat bar yang mengandung buah-buahan agar kebutuhan nutrisi Anda juga terpenuhi saat berbuka puasa.
6. Buah Potong
Bagi Anda yang memiliki sedikit waktu luang sebelum berbuka puasa, Anda bisa menyiapkan buah potong sebagai menu berbuka. Pilihlah buah yang mengandung banyak air dan dapat memberikan efek kenyang lebih lama seperti jeruk, apel, pir, pisang, atau melon.
7. Kacang-kacangan
Tak hanya sebagai camilan di hari-hari biasa, kacang-kacangan juga bisa dijadikan menu berbuka puasa ketika Ramadan lho. Selain mengenyangkan, kacang juga mengandung protein yang baik untuk tubuh.

Itu beberapa alternatif menu berbuka puasa yang bisa Anda pilih ketika tidak bisa berbuka puasa di rumah. Anda tak perlu lagi merasa bosan karena terus-menerus mengonsumsi kurma, atau khawatir dengan kesehatan Anda karena selalu mengonsumsi gorengan. Berbuka puasa kini akan lebih menyenangkan, praktis, juga menyehatkan untuk Anda. Tetap semangat beribadah ya!