Sering menggunakan make up dalam beraktivitas tak hanya membuat Anda perlu memerhatikan kandungan dalam produk make up dan kebersihan alat make up yang digunakan, namun Anda juga perlu memerhatikan apakah produk make up Anda masih bisa digunakan atau sudah masuk dalam masa kadaluarsa.

Menggunakan make up tak boleh sembarangan, karena tujuan dari make up adalah untuk membuat wajah terlihat sempurna,  jadi jangan sampai make up kadaluarsa yang tak sengaja Anda pakai justru merusak kulit wajah.
Selain kode tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan produk, ada juga hal lainnya yang bisa dijadikan tolak ukur bagi Anda untuk mengetahui tanda kadaluarsa produk make up lho. Yuk kenali tanda-tandanya.

 

1. Aroma
Beberapa produsen memberikan aroma khas pada produknya. Jika produk Anda sudah kehilangan aroma atau bahkan menghasilkan aroma seperti obat dan bahan kimia tertentu, ada kemungkinan produk tersebut sudah kadaluarsa juga tidak lagi layak untuk digunakan.

2. Perubahan Warna
Pada kemasan produk make up, biasanya produsen akan memberi peringatan dan aturan penyimpanan produk. Produsen akan menyarankan produk tidak disimpan dalam tempat lembab atau terkena sinar matahari langsung. Hal ini salah satunya untuk menghindari kerusakan produk, juga sebagai pertanda jika produk sudah berubah warna maka hal itu berarti produk sudah kadaluarsa atau rusak.

3. Bentuk
Masing-masing produk memiliki pilihan bentuk yang berbeda. Ada yang berbentuk cair dan kental, berbentuk padat, atau pun sedikit berminyak. Jika bentuk pada produk yang Anda gunakan sudah berubah dibanding ketika awal And membelinya, bisa jadi perubahan bentuk tersebut menandakan produk sudah kadaluarsa dan Anda harus berhenti menggunakannya.

 

Dari ketiga hal yang merupakan tanda make up kadaluarsa, Anda tetap harus memastikan bahwa produk make up Anda aman untuk digunakan. Jangan sampai make up kadaluarsa membuat Anda berhadapan dengan efek alergi bahkan merusak kulit sehat Anda.