Jerawat di wajah tak kunjung hilang meski sudah dirawat sedemikian rupa? Jangan bingung, coba untuk terlebih dahulu mengecek skincare dan kosmetik yang Anda gunakan dan cermati setiap kandungan yang ada di dalamnya. Bisa jadi, kandungan dari skincare tersebut yang menyebabkan jerawat tak kunjung hilang dari wajah. Bagi wajah yang berjerawat, ada beberapa kandungan pada skincare atau pun kosmetik yang sebaiknya dihindari lho. Kandungan apa sajakah?

1. Alcohol
Dalam industri kecantikan, penggunaan alkohol sebagai salah satu bahan pembuatan skincare atau kosmetik memang memiliki fungsi tersendiri. Alcohol dapat mengeringkan produk berbentuk liquid lebih cepat, dan memberikan efek lembab pada kulit. Namun, penggunaan alkohol juga bisa membuat wajah kering dan mengalami iritasi. Dengan begitu, wajah akan kehilangan minyak alami dan memproduksi sebum lebih banyak untuk menjaga kelembaban alaminya. Sebum yang berlebih di wajah kemudian akan menumpuk, menyumbat pori-pori, dan bereaksi dengan bakteri yang menyebabkan kulit berjerawat.

2. Fragrance/Pewangi
Memiliki skincare atau kosmetik dengan aroma tertentu mungkin menjadi keunggulan tersendiri, terlebih jika aroma yang ada memberikan efek segar atau lembut. Namun hati-hati, aroma pada skincare biasanya digunakan untuk menutupi aroma tidak sedap dari bahan kimia tertentu yang juga terdapat pada produk tersebut. Jika kandungan fragrance pada produk skincare atau kosmetik terlalu tinggi, kulit bisa jadi mengalami iritasi dan menimbulkan jerawat, terutama jika fragrance yang digunakan termasuk kedalam kategori synthesis. Ada baiknya dihindari ya jika tidak ingin menimbulkan efek negatif di wajah.

3. Silicon
Umumnya kandungan silicon dijumpai pada produk primer dan foundation. Hal ini dikarenakan silicon dapat memberikan efek kulit terlihat lebih halus dalam sekejap, dan membantu pemerataan saat produk diaplikasikan ke wajah. Sayangnya, bagi Anda yang berkulit sensitif tidak dianjurkan untuk menggunakan produk yang mengandung silicon. Pada kulit sensitif, silicon menyebabkan wajah menjadi kering, dan menyumbat pori-pori sehingga justru menimbulkan jerawat.

4. Talc
Jenis kandungan yang satu ini umumnya banyak ditemukan pada produk kosmetik berbentuk bubuk seperti eyeshadow atau setting powder. Meski masih terbilang aman digunakan bagi wajah, Anda yang berkulit sensitif tetap harus berhati-hati dalam menggunakannya. Dosis talc yang tinggi bisa menyebabkan iritasi pada kulit sensitif, bahkan hingga menyebabkan peradangan kulit.


Serum Idebenone, Aman Untuk Segala Jenis Kulit
 
Ada baiknya memang Anda bersikap teliti atau bahkan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dermatologist sebelum memilih produk skincare atau kosmetik yang ingin digunakan ya. Jangan sampai Anda salah pilih, dan justru menimbulkan masalah pada wajah.