7 Mitos Perawatan Kulit Wajah yang Perlu Anda Ketahui

Berkembangnya trend kecantikan seperti treatment di klinik khusus kecantikan hingga ke perawatan skincare harian, membuat pria dan wanita tak lagi ragu untuk mulai belajar memahami berbagai hal mengenai produk perawatan mau pun jenis kulit mereka masing-masing. Dalam merawat wajah, tak jarang mereka pun akan mencari info sebanyak-banyaknya tentang bagaimana cara membuat kulit wajah agar menjadi bersih dan sehat.


Namun, mungkin Anda yang menjadi salah satu di antara mereka yang sedang belajar mengenai perawatan kulit terkecoh dengan beberapa info yang ada. Sebab ternyata, masih ada beberapa info perawatan wajah yang salah dan menjadi mitos lho.

Apa sajakah mitos yang berkembang dan menjadi kesalahpahaman dalam merawat kulit wajah selama ini?

1. Sering Mencuci Wajah, Kulit Akan Terhindar Dari Jerawat
Perawatan mendasar untuk menjaga kulit wajah tetap bersih dan sehat memang dengan membersihkan atau mencucinya secara teratur. Namun, bukan berarti Anda harus mencuci wajah terlalu sering. Timbulnya jerawat bisa disebabkan bukan hanya karena kotoran dan polusi, namun juga karena pori-pori tersumbat, minyak berlebih, bakteri, atau peradangan pada kulit wajah. Sedangkan dengan mencuci wajah terlalu sering bisa saja membuat kulit kehilangan kelembaban alaminya dan justru akan membahayakan kulit Anda.

2. Sering Melakukan Exfoliating, Semakin Baik Bagi Kulit
Proses exfoliating bertujuan untuk membantu kulit dalam menghilangkan sel kulit mati. Namun, terlalu sering melakukan exfoliating justru akan membuat kulit mudah iritasi karena kehilangan barrier (lapisan pelindung). Proses exfoliating juga tidak dianjurkan untuk dilakukan pada kulit yang berjerawat atau kulit wajah sensitive. Lagi pula, kulit akan melakukan proses pengelupasan secara alami dalam siklus 28 hari sehingga proses exfoliating tidak terlalu diperlukan.

3. Sering Menggunakan Make Up Membuat Wajah Mengalami Penuaan Dini
Tak perlu khawatir untuk mitos yang satu ini. Wajah yang sering menggunakan make up tidak akan mengalami penuaan dini jika dibersihkan dengan benar. Penuaan dini sendiri disebabkan oleh kotoran sisa make up, debu, minyak, dan kotoran lainnya yang menempel pada wajah. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menghindari penuaan dini perlu membersihkan wajah dengan tepat. Hindari menggunakan make up tanpa membersihkan wajah sebelum dan sesudahnya. Sebagai tambahan perlindungan wajah dari penuaan dini, Anda juga bisa menggunakan Idebenone Ampoule yang sudah terbukti ampuh digunakan oleh wanita di berbagai dunia untuk merawat kulit wajah mereka.

4. Wajah yang Bersih Adalah yang Terasa Kesat Setelah Dibersihkan
Pembersih wajah yang memberi efek kesat berlebihan justru menandakan bahwa produk pembersih tersebut kurang tepat bagi Anda. Kulit wajah yang terlalu kesat lama-kelamaan bisa membuat kulit wajah kehilangan kelembaban alaminya. Lagi pula, kulit wajah yang sehat setelah dibersihkan seharusnya menjadi lebih lembab, bukan kering dan kesat.

5. Semakin Tinggi SPF Pada Produk Pelindung Kulit, Semakin Mampu Melindungi
Kebutuhan tiap kulit berbeda-beda, tergantung dari kebiasaan serta aktivitas mereka. Bagi yang beraktivitas luar ruangan tentu akan membutuhkan produk perlindungan kulit dengan SPF yang lebih tinggi dibanding mereka yang lebih banyak beraktivitas dalam ruangan. Untuk itu perlu disesuaikan antara tingkat SPF dengan kebutuhan perlindungan Anda.

6. Kulit Berminyak Tidak Butuh Moisturizer atau Pelembab
Anda yang memiliki jenis kulit wajah cenderung berminyak tetap perlu menggunakan moisturizer atau pelembab dalam perawatan harian. Hal ini disebabkan karena pelembab alami kulit yang disebut NMF (Natural Moisturizing Factor) pada manusia akan berangsur-angsur menghilang ketika menginjak usia 20tahun. Oleh karena itu, kulit berminyak perlu menggunakan moisturizer untuk membantu menjaga kelembaban kulit wajah mereka.

7. Wajah Kemerahan dan Panas Pertanda Produk Skincare Bekerja
Beberapa produk skincare memang memberikan efek tingling (rasa panas yang menggigit) pada kulit beberapa saat setelah diaplikasikan. Namun jika rasa panas tersebut dialami terus menurus dalam waktu lama dan membuat wajah kemerahan, bisa jadi justru pertanda bahwa kulit tidak cocok dengan produk yang digunakan dan mengalami iritasi. Jika Anda mengalaminya, segera bersihkan wajah dengan handuk bersih yang sudah dibasahi untuk meredakannya, dan periksakan ke dokter.

Itulah beberapa mitos yang berkembang mengenai perawatan kulit wajah. Ada baiknya sebelum merawat kulit wajah dengan produk tertentu, Anda cermati kembali kandungan produk dan aturan pemakaian yang tepat. Ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kecocokan antara jenis kulit dan perawatan yang akan dijalani kepada ahlinya ya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on telegram
Telegram

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Scroll to Top