Menjaga Kelembaban Kulit Selama Ramadan

Berpuasa selama lebih dari 12 jam membuat kulit wajah dan bibir mudah menjadi kering akibat tubuh kekurangan asupan makanan dan minuman.

 

Selain itu pola tidur yang berubah pun bisa menjadi salah satu penyebab lainnya dari kulit yang terlihat kering dan kusam. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan selama berpuasa agar di Hari Raya nantinya kulit Anda tetap terlihat cerah terawat. Ikuti tips berikut ini yuk!


Menjaga Asupan Cairan
Berpuasa tentunya mengharuskan kita untuk tidak meminum apapun selama lebih dari 12 jam. Namun bukan berarti kita mengabaikan kebutuhan air dalam tubuh yang tetap harus dipenuhi ya. Anda bisa gunakan rumus 2-4-2 dalam mengonsumsi air mineral. 2-4-2 yang dimaksud adalah meminum 2 gelas air mineral ketika berbuka puasa, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur.


Perbanyak Asupan Buah dan Sayur
Aktivitas harian mungkin membuat Anda tak memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan menu sehat saat berbuka dan saat sahur. Akhirnya, Anda memilih untuk membeli menu makanan dan minuman agar praktis. Namun, bukan hanya goreng-gorengan dan es saja yang dikonsumsi. Anda tetap harus mengonsumsi sayur dan buah yang cukup agar kebutuhan vitamin juga mineral dalam tubuh dapat terpenuhi. Pilihlah sayuran hijau dan buah yang banyak mengandung air agar Anda juga bisa terbantu dalam menjaga kesehatan kulit. Buah seperti stroberi dan semangka bisa menjadi pilihan Anda.


Bersihkan Wajah dengan Teratur
Puasa membuat waktu dan energi Anda mudah terkuras? Jangan sampai hal ini menjadi alasan untuk Anda malas membersihkan wajah ya. Wajah memiliki siklus 27hari untuk dapat meregenerasi lapisannya. Untuk itu membersihkan wajah secara tepat akan membantu kulit untuk dapat menghilangkan sel kulit mati, noda, dan debu yang tersisa dari aktivitas harian Anda hingga akhirnya kulit dapat meregenerasi lapisannya dengan sempurna.


Gunakan Pelembab yang Mengandung Tabir Surya
Menjalankan puasa seharian tentunya tak menghalangi Anda untuk beraktivitas luar ruangan. Anda tentu akan tetap terkena sinar matahari juga polusi dan debu selama beraktivitas yang dapat merusak kulit. Untuk itu, jangan sampai Anda terlewat menggunakan pelembab yang mengandung tabir surya agar kulit dapat tetap terlindungi.


Tidur Teratur
Bangun tengah malam untuk sahur, lalu aktivitas di pagi hari tidak memungkinkan untuk Anda kembali tidur setelahnya pastilah sedikit banyak mempengaruhi kesehatan kulit Anda. Menjaga kesehatan kulit tidak cukup hanya dengan menjaga asupan makanan dan minuman sehat saja. Namun juga dari pola hidup yang sehat. Untuk itu, selama bulan puasa usahakan agar Anda tidur lebih awal secara teratur ya.


Semua cara yang disebutkan tentu sangat mudah untuk Anda lakukan selama bulan puasa. Jadi jangan sampai alasan malas menghalangi Anda untuk tetap menjaga kesehatan dan kelembaban kulit ya.

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on telegram
Telegram

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Scroll to Top